27 December 2017

PDCA untuk Targetmu karir di Tahun yang 2018


Dalam kesempatan kali ini, kami mengajak Talents muda untuk bersama-sama mengulas tentang cara menyusun dan mencapai target melalui pendekatan PDCA. Dalam penerapannya di perusahaan, fokus pada PDCA menjadi salah satu sikap mental yang mendasari cara berpikir dan bertindak dalam melaksanakan pekerjaan sehari-hari yang sesuai dengan sistem nilai perusahaan. Proses yang sistematis dan berkesinambungan melalui PDCA mencakup empat hal, yaitu:
A. Plan (Merencanakan)
B. Do (Melaksanakan)
C. Check (Mengevaluasi)
D. Action (Menindaklanjuti)

Tidak hanya dalam lingkup yang kompleks seperti organisasi yang besar, siklus PDCA ini ternyata dapat pula kita terapkan dalam kehidupan sehari – hari. Mari simak pembahasan berikut untuk mengetahui dengan lebih detail.
A. Plan (Merencanakan)
Tahap ini umumnya adalah tahap yang paling panjang dari keseluruhan proses PDCA. Artinya, perencanaan yang matang akan membantu kita dalam pelaksanaan dan mencapai hasil optimal.
Dalam merencanakan, ada beberapa hal yang dapat kita lakukan, diantaranya:
Mengevaluasi diri yang dapat mencakup : kelebihan dan kekurangan, penyebab keberhasilan dan kegagalan kitaMenuliskan daftar semua hal yang ingin kita lakukan di tahun iniMemilah tujuan yang utama dan hal yang wajib untuk dikejar di tahun ini. Buatlah tujuan yang spesifik, terukur, realistis, dan jelas waktu pencapaiannya.Menimbang sumber daya yang kita miliki untuk mendukung pencapaian targetMembuat timeline aktivitas secara rinci. Dalam menentukan waktunya, jangan lupa untuk mempertimbangkan faktor yang menghambat dalam pelaksanaannya.
B. Do (Melaksanakan)
Pada tahap ini, kita diajak untuk merealisasikan perencanaan secara disiplin. Dengan demikian, timeline yang jelas akan sangat membantu. Dibutuhkan juga komitmen dan ketahanan diri yang kuat dalam melaksanakan perencanaan yang sudah dibuat.
C. Check (Mengevaluasi)
Periksa secara berkala timeline dan aktivitas yang sudah dilakukan. Evaluasi kendala yang terjadi dan buat perencanaan baru jika diperlukan, baik berupa perbaikan maupun strategi baru agar target dapat terkejar.
D. Action (Menindaklanjuti)
Tahap selanjutnya, realisasikan rencana perbaikan yang sudah dibuat. Pertahankan pula aktivitas yang relevan dan efektif dalam pencapaian target.
Tahap Action bukan merupakan tahap akhir dalam proses PDCA. Hal ini dikarenakan PDCA bersifat seperti roda, sehingga kita dapat kembali lagi ke tahap Plan / Standarisasi yang dilanjutkan dengan Do – Check – Action, dan seterusnya. Satu hal lagi, komitmen dan konsistensi dalam menjalankan prinsip PDCA ini juga menentukan keberhasilan kita dalam mencapai mencapai target. Jadi, sudah siap menjalankan PDCA untuk targetmu di tahun ini?

Semoga di tahun ini kamu dapat meraih pencapaian yang melebihi tahun sebelumnya ya!aminnnn

0 comments

Post a Comment