15 November 2017

PDCA,Tujuan, implementasi dan komitmen

Implementasi PDCA dalam Pemecahan Masalah
Setelah mengenal penjelasan 4 langkah penanganan masalah dengan PDCA pada postingannya DISINI
Sekarang kita bahas bagaimana cara mengimplementasikan PDCA pada perusahaan .
Simak penjelasan berikut ini.

Popular dengan sebutan Deming Cycle, PDCA yang dinamai oleh Walter Shewhart dan kemudian dikembangkan lebih lanjut oleh W. Edwards Deming, merupakan metodologi change management yang digunakan oleh perusahaan untuk melakukan continuous improvement danproblem solving. Model change managementini memberikan keuntungan perusahaan dengan menyediakan pendekatan sistematis untuk mencapai continuous improvement. Teori PDCA sering dijelaskan dalam bentuk grafik lingkaran karena memerlukan pengulangan pada setiap tahapan secara terus-menerus untuk meingkatkan proses dan output.

CARA MENGGUNAKAN PDCA

PDCA cycle mendorong perusahaan dalam melakukan pendekatan untuk memecahkan masalah dan menerapkan solusi. Berikut 4 langkah yang perlu diikuti dalam menggunakan PDCA agar perusahaan mendapatkan solusi dengan kualitas terbaik.

1.Plan


Pertama-tama, identifikasikan dan lakukan analisis terhadap permasalahan yang muncul. Tools seperti Drill Down, Cause and Effect Diagrams, dan 5 Why akan sangat membantu dalam proses identifikasi dan analisis masalah. Tujuan pada tahap ini adalah memutuskan apa yang perlu dilakukan dan bagaimana cara terbaik untuk melakukannya. Tujuan ini dapat tercapai dengan meninjau dan mempelajari proses kerja saat ini dan data-data yang ada.

2.Do

Tahap Do melibatkan beberapa kegiatan, seperti menciptakan solusi-solusi yang memungkinkan, memilih solusi terbaik, dan mengimplementasikan solusi pilihan dalam suatu percobaan kecil. Langkah ini membutuhkan sumber daya dan keterampilan seperti Team Leader danSupervisory leadership skills, On The Job Training, dan Desain Eksperimen jugaimplementation knowledge.

3.Check


Pada fase ini dilakukan pengukuran seberapa efektif solusi percontohan yang telah dilakukan, juga mengumpulkan setiap hal yang bisa membuat perusahaan menjadi lebih baik. Mengevaluasi hasil dan mencapai tujuan yang diinginkan adalah inti dari langkah ini. metodechange management dan tools yang digunakan pada tahap ini adalah lembaran cek data, diagram kontrol, dan KPI.

4.Act


Melaksanakan keseluruhan solusi yang telah dibuat adalah inti dari fase ini. apabila implementasi telah berhasil diterapkan, lakukan standarisasi dan dokumentasikan pekerjaan dan proses baru. penggunaan PDCA tidak berhenti sampai di sini saja. Apabila perusahaan menggunakan PDCA sebagai inisiatif perbaikan terus-menerus, perusahaan harus kembali pada tahap awal dan mencari area lain untuk diimprovisasi. Gunakan pemetaan proses yang baru, manajemen visual, dan pelatihan formal sebagai tools dalam melakukan tahap terakhir ini.

IMPLEMENTASI PDCA

PDCA cycle sangat efektif digunakan untuk:

Membantu implementasi Kaizen atau pendekatan continuous improvement ketika siklusnya diulang terus-menerus pada area baru.Mengidentifikasi solusi-solusi baru dan perbaikan untuk semua proses yang dilakukan secara berulang.Mengeksplorasi berbagai solusi baru yang mungkin digunakan untuk pemecahan masalah dan diimplementasikan dalam percobaan sederhana sebelum benar-benar dilakukan pemilihan.Menghindari pemborosan sumber daya secara besar-besaran
sedikit gambaran ya tentang continuous improvement

Continuous Improvement adalah suatu tindakan yg berkesinambungan utk meningkatkan mutu produk barang/jasa melalui suatu proses, dgn melakukan perbaikan dari waktu ke waktu termasuk melakukan suatu terobosan dlm memberikan jasa pelayanan kpd pelanggan, dan dilakukannya suatu evaluasi utk mengalami perbaikan pelayanan dlm mencapai efisiensi, efektifitas dan fleksibilitas..

Continous Improvement sndri tdk dpt dipisahkan dr konsep PDCA

ada bbrp tools atau metode utk melakukan ini salah satunya
yg bs digunakan utk menjalankan misi Continuous Improvement adalah “pemodelan kualitas empat langkah” yang disebut PDCA (Plan-Do-Check-Act), yang dikenal juga dengan sebutan Siklus Deming atau Siklus Shewhart.

PDCA Adalah…

Plan: Tahap dilakukannya identifikasi peluang utk perubahan dan rencana bentuk perubahan yg akan dilakukan.
Do: Implementasi perubahan dalam skala kecil.
Check: Menggunakan data untuk menganalisa hasil dari perubahan dan menentukan apakah perubahan yang dilakukan telah / akan mendatangkan perbedaan yg berarti.
Act: Jika perubahan dianggap sukses, implementasikan perubahan tersebut dalam skala yg lebih besar dan pertahankan hasilnya. Jika perubahan blm mendatangkan perbedaan yg berarti, ulangi kembali siklus PDCA.

Dan tentunya metode lain yg sgt populer utk Continuous Improvement, seperti Lean, TQM (Total Quality Management) dll.

mendorong keterlibatan karyawan dan membutuhkan kemampuan teamwork yg baik. Metode tersebut mendorong perusahaan utk mengukur dan melakukan sistematisasi proses, mengurangi variasi, mengurangi cacat (defect), dan memperpendek cycle time.

Dibutuhkan komitmen yg tinggi, kerja keras, koordinasi dan krjasama yg baik antar lini.. dr atas ke bawah.. krn jk salah satu unsur tab diatas tdk dpt dipenuhi maka program tsb hnya akan jd program semata....


Silahkan di share dan bantu like nyamaka admin senang untuk berbagai.

0 comments

Post a Comment