25 March 2018

Sistem manajemen

Sistem Manajemen atau Management System adalah suatu kerangka Proses dan Prosedur  yang digunakan untuk memastikan apakah suatu perusahaan atau organisasi dapat memenuhi standard dan menjalankan tugasnya untuk mencapai tujuan organisasi. Tujuan dari suatu perusahaan atau organisasi dapat berupa memenuhi persyaratan kualitas pelanggan, mematuhi peraturan baik peraturan pemerintah,  undang-undang Negara ataupun peraturan dari pelanggan dan mencapai tujuan/tanggung jawab terhadap aspek lingkungan hidup.

Secara garis besar, terdapat 4 elemen utama dalam Sistem Manajemen yaitu : PLAN (Merencanakan), DO (Melakukan), CHECK (Memeriksa) dan ACT (Menindaklanjuti)  atau sering disingkat dengan PDCA.

Sistem Manajemen yang diterapkan oleh suatu organisasi atau perusahaan secara efektif dapat membantu untuk :

Mengurangi  risiko dalam lingkungan, social dan keuangan.

Meningkatkan kinerja operasional

Menurunkan biaya.

Meningkatkan kepuasan pelanggan/konsumen dan investor.

Melindungi Merek dan reputasi perusahaan/organisasi

Menghindari rintangan atau hambatan dalam berdagang.

Adanya perkembangan yang berkesinambungan (continuously Improvement)

Mendorong Inovasi

Yuk kita diskusi sejauhmana implementasi sistem manajemen yang telah diterapkan di perusahaan yang bapak ibu pimpin... Apa hambatan terbesar nya..

0 comments

Post a Comment