25 March 2018

"NILAI2 KEYAKINAN DAN BUDAYA (NYEPI DALAM PERSPECTIVE BUDAYA)"

Sebagai fasilitator corporate culture tentu saja salah saru3 hal terpenting dalam pembahasan materi tsb yaitu tentang components corporate/organization berupa Values.

Ketika sebuah organisasi (bisa negara, perusahaan, maupun komunitas) selalu menentukan terlebih dahulu "alasan dibuatnya organisasi tersebut", reason of being, atau meminjam Golden Circle dari Simon Sinek kita ada pada pembahasan "Why" - why does your organization exist ?
Dalam strategic management ini adalah salah satu yg disebut core competence, menentukan business yg sesuai dg kemampuan founders atau representative-nya. "Why" berbicara tentang purpose dari organisasi juga. Komponen penting ini dikenal dalam BSC dengan istilah Mission.

Dalam pendekatan strategic, untuk mempertahankan eksistensi dari tujuan dibuatnya organisasi, maka organisasi harus dijalankan oleh sebuah keyakinan bersama, suatu nilai-nilai yang diyakini semua orang yg ada dalam sebuah organisasi. Tanpa nilai2 atau values ini, maka organisasi akan di isi oleh orang2 yg mempunyai kepercayaan, keyakinan yang sangat beragam di mana tidak mungkin orang2 dalam sebuah organisasi yg mempunyai keyakinan bertentangan akan diajak untuk meraih mimpi bersama.. jangankan meraih mimpi, bahkan menentukan mimpi pun tidak mungkin sama.

Values inilah yang dikenal dg inti dari culture, roh yang menggerakan organisasi dg orang2 di dalamnya, menentukan behavior dari orang2 yg ada dalam organisasi. Behavior yang merupakan refleksi values sangat rentan dari  sisi konsistensi pelaksanaannya, diperlukan satu komponen penting untuk selalu mengingatkan orang2 dalam organisasi agar perilaku mereka selaras dengan values tadi, untuk itulah diperlukan artifact yang bentuknya dapat berupa upacara2, liturgi, toto pranoto, sop, dll yang ditujukan untuk selalu mengingatkan nilai2 pada anggotanya.

Pemahaman ttg corporate culture ini mengingatkan saya tentang "NYEPI", suatu aktivitas bersama yang ditujukan untuk mengingatkan semua pemeluk HINDU agar memahami kembali makna hidup dan kehidupan, mampu senantiasa merasakan  kehadiran Sang Hyang Widhi Wasa, meredakan  nafsu indera, menumbuhkan kebahagiaan yg dinamis sehingga kualitas hidup semakin meningkat melalui amati geni, amati karya, amati lelungaan, dan amati lelanguan.

Dengan Nyepi maka konsistensi perilaku Umat Hindu dapat terjaga sesuai Values yang di imani bersama. Selamat merayakan "Nyepi" untuk  sahabat2ku yang ber-Agama Hindu   🙏🙏

0 comments

Post a Comment